PT SGP Sosialisasi Tentang Perencanaan Program Wilayah Kerja 

DUMAI (Surya24.com) - Perencanaan kerja PT Suntara Gajapati (SGP) tahun 2022 di wilayah kecamatan Sungai Sembilan untuk beberapa kelurahan diantaranya Basilam Baru, Batu teritip dan kelurahan Sungai Geniot telah di sosialisasikan oleh pihak manajemen tersebut. Sosialisasi diadakan di ruangan Aula kantor Camat Sungai Sembilan Kota Dumai, pada Kamis siang (24/03/2022).

Sosialisasi terpadu perencanaan wilayah kerja PT SGP grup Sinarmas ini dihadiri oleh Camat Sungai Sembilan yang diwakili oleh Kabag Umum, H Fauzan, Lurah Basilam Baru, Lurah Batu Teritib, Lurah Geniot serta beberapa RT di tiga kelurahan itu dan didampingi Ketua LPMK di tiga kelurahan kecamatan Sungai Sembilan.

Selain pihak manajemen PT SGP yang hadir untuk memaparkan sosialisasi perencanaan kerja diwilayah Sungai Sembilan, turut hadir Danramil 032 Kapten Harhanud Human Sitorus, Bhabinkamtibmas, pihak Polsek Sungai Sembilan, masyarakat, para tokoh masyarakat Sungai Sembilan yang ikut hadir mendengarkan sosialisasi itu.

Camat Sungai Sembilan melalui Kasi Umum Fauzan berharap PT SGP bisa meminimalisir serta menghindar gesekan antara warga dan pihak perusahaan agar tidak terjadi konflik. Selain itu menjaga agar tidak terjadi karhutla di wilayah kerja PT SGP Kecamatan Sungai Sembilan.

M Iksan Kepala Unit Inti dan Humas PT SGP berharap sosialisasi itu bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk bersinergi bersama dalam pengelolaan atau pemanfaatan hasil bumi di wilayah lahan kerja nya sebagai penunjang ekonomi yang baik.

Dalam hal itu disampaikan pihak manajemen PT SGP melalui Kepala Unit Inti Muhammad Iksan dalam memaparkan menyebutkan memiliki izin IUPHHK PY SGP IUPHHK : PT. Suntana Gajapati, Alamat : Jalan Pinang Sejahtera No.27 Pekanbaru Telpon (0761). 7053939 Fax (0761) 29617. Keputasan IUPHHK Nomor : 71/Kpts-11/2001, Tanggal : 15 Maret 2001, Luas Areal: 34,792 Ha.

Sementara itu mewakili pihak Manajemen PT SGP, Gabreal memaparkan materi sosialisasi Areal Wilayah Kerja PT SGP tahun 2022 di wilayah kecamatan Sungai Sembilan dengan luas 34,792 Hektar.

Kawasan hutan lindung atau lingkungan satwa liar dan langka di Sungai Sembilan dengan seluas lahan kurang lebih 5 ribu hektar. Hal itu di sampaikan oleh Doni Firman, mewakili PT SGP.

Tidak disitu saja pihak manajemen SGP juga memaparkan terkai Karhutla atau antisipasi kebakaran hutan melalui Suprianto yang mana perusahaan ini sudah menyiapkan beberapa alat dan tenaga sebagai tim untuk siaga dengan berpengalaman untuk mencegah atau antisipasi kebakaran hutan di titik rawan karhutla wilayah kerja SGP Sungai Sembilan salah satunya di Batu Teritip dan sekitarnya.

Masyarakat di beberapa kelurahan melalui ketua RT Kelurahan Geniot dan juga Kampung Bayang meminta kepada PT SGP agar memperhatikan normalisasi kanal yang ada atau sudah pernah dilakukan pihak SGP sebelumnya demi kelancaran aliran air disaat banjir melanda di wilayahnya. Selain itu, bisa diperhatikan perbaikan jalan-jalan di darat yang sudah rusak yang mengganggu aktivitas masyarakat.

Permintaan dari masyarakat itu akan diupayakan melalui proses ke manajemen dan akan bertahap yang nantinya akan bekerjasama dengan LPMK kelurahan dan RT setempat.

Terkait pelaksanaan perencanaan kerja PT SGP tahun 2022 itu M Iksan selaku kepala Unit Inti dan merangkap Humas SGP mengatakan, dengan adanya sosialisasi terpadu di wilayah kerja di tiga kelurahan kecamatan Sungai Sembilan tahun 2022 bisa memberi manfaat kepada masyarakat untuk menunjang ekonomi.

"PT SGP grup Sinarmas berharap dengan sosialisasi ini bisa memberi pemahaman dan sekaligus pemberitahuan izin IUPHHK PT SGP. Wilayah kerja pada tahun 2022 ini sebagai pengolahan baik pun operasionalnya di atas wilayah lahan kerja PT SGP seluar 34,792 Hektar, " katanya.

Pihak manajemen PT SGP pada tahun sebelumnya juga sudah memberi bantuan kepada warga melalui CSR. "Kita tidak bisa membantu semua karena keterbatasan, namun itu juga kita upayakan kedepannya seperti honorer guru didalam pendidikan yang saat ini masih kita upayakan, "ungkap M Iksan Kepala Unit Inti SGP itu.

Mewakili pihak manajemen SGP M Iksan juga berharap kepada masyarakat kususnya di wilayah kerja PT SGP agar tidak terprovokasi dengan isu diatas kepentingan seseorang sehinga bisa merusak hubungan harmonis atara kedua belah pihak.

"Semoga masyarakat kita kususnya di wilayah kerja PT SGP tidak akan terprovokasi dengan pihak pihak yang mungkin mementingkan kepentingan pribadi atau kelompoknya sehingga bisa merusak hubungan kedua belah pihak. Marilah kita bermusyawarah dan diskusi bersama jika ada permasalahan atau isu yang di dapatkan tentang pihak PT SGP. Kami siap untuk bermusyawarah dan diskusi mencari solusi yang terbaik, "ungkap Kepala Unit Inti SGP Sungai Sembilan, M Iksan.(Zul)